-->
Powered by Blogger.

ZOMBIE ‘MEWABAH’ DI SUKABUMI


Depth News

Sebuah virus telah mewabah dikota Sukabumi, Bukan sembarang virus yang menyebabkan seseorang terjangkit penyakit mebahayakan. Akan tetapi virus make-up  mayat hidup yang sering diperlihatkan dalam garapan film holliwood. Mendengar kata mayat hidup (ZOMBIE) terlintas kita memikirkan hal yang menyeramkan. Karena, Zombie merupakn sebutan untuk para mayat hidup dalam sistem kepercayaan Voodoo orang Kreol dan Afrika-Karibia. Zombie ini adalah sebuah tokoh yang menyelimuti film tentang cerita fiksi horror.
Bukanya takut, banyaknya film-film bercerita zombie justru membuat banyak anak muda yang kepincut dengan tokoh Zombie ini. Bahkan di Indonesia sudah terbentuk komunitas pecinta Zombie. Tidak terkecuali dikota Sukabumi. Tanggal 09 juli 2012 menjadi awal kemunculan komunitas unik ini. Dengan nama Indonesian Zombie Club (IZOC) regional sukabumi. Mereka mengkiprahkan hobynya ini dengan sering berkumpul untuk memperlihatkan tat arias yang menyeramkan terhadap khalayak umum. Meskipun, bisa terbilang baru dalam mebuat komunitas ini tapi terbukti dengan jumlah 70-an di komunitas ini. Angka yang tidak bisa dibilang sedikit untuk komunitas anyar dan se eztrim Zombie. Kalau sudah melihat mereka berkumpul dengan dandanan yang menyeramkan ala Zombie ini. Kita akan seperti terbawa suasana kota yang telah terkena Virus Zombie. Komunitas ini diperkasai oleh sejumlah pentolan-pentolan pelajar SMKN 3 Kota Sukabumi. Naufal yang sejak duduk dibangku Sekolah Dasar Menengah (SMP) ini sudah kepincut dengan sosok horror yang menjadi icon penting dalam dunia per film-an Mayat hidup.
Rasa penasaran dan alasan itu yang sering menghantui dalam benaknya untuk membuat komunitasnya di Sukabumi. “soalnya saya yakin anak-anak Sukabumi yang suka Zombie” ujar Naufal. Dan ternyata apa yang dipikrkan oleh Naufal itu benar saja terjadi. Terbukti dengan bertemu teman sekolahnya Intiany Desty Sunartha. Kebetulan ia lebih menyukai dalam proses make-upnya dan keahlianya ini tidaklah percuma dalam mebuat komunitas ini. Bukan hanya kumpul-kumpul biasa akan tetapi setiap waktu berkumpul cewe cantik ini langsung mempraktekan keahlian dalam me make-up semua anggotanya. Dari hal tersebut, kini komunitas yang diketuai Noviar Adzyar mahasiswa muhammadiyah sukabumi ini berdiri pada tanggal 29 juli yang lau. Gan kumonitas ini membuat genjar terhadap semua perkumpulan komunitas di daerah sukabumi. Noviar adyar mengatakan.”awalnya dari mulut kemulut terus jejaring sosial, sehingga anggotanya terus bertambah,” karena kesamaan dan kesukaan hoby maka hal itu membuat komunitas ini begitu mudah akrab dengan sesama anggotanya. Gampang dikoordinir dan yang pasti momen funselalu mereka dapatkan ketika berkumpul. Apalagi ketika ada event dimana mereka di make-up ala Zombie sungguhan.
RASA SENSASI JADI ZOMBIE
            Berpakaian dengan cipratan darah layaknya zombie yang dikemas dalam berbagai tokoh, memang menyeramkan. Bahkan bagi orang yang memiliki ketakutan terhadap kostum seram dan make-up luka-luka di wajah mungkin akan menjauh. Tapi tidak sedikit pula yang mempunyai rasa penasaran dan melihatnya dengan teliti. Itulah cara paling efektif yang dilakukan anggota Izoc ini untuk merekrut anggota terbarunya. Dengan berdandan ala Zombie mereka dengan Pede-nya berkeliling kota sukabumi. Sudah pasti hal itu memberikan kesan menyeramkan terhadap orang yang melihatnya. Bukan hanya memberikan suasana menyeramkan akan tetapi rasa penasaranpun yang sering menjadikan awal mula mereka masuk ke komunitas ini.
            Dalam cara mengelilingi kota sukabumi, sejauh ini masih tahap permulaan untuk menggaet anggota. Namun cara lain yang dilakukan dengan melalui jejaring sosial, seperti facebook dan twitter, Untuk facebook ada grup Indonesia Zombie Club Regional Sukabumi, sementara di Twitter anggota IZoC abyak terjaring dengan memfollow akun @iZocsukabumi. “dari dunia maya ini kita mulai janjian untuk kopi darat”. Kata Noviar
            Untuk tetap menjaga keakraban dan memperkaya kreasi dandanan Zombie, iZoc sukabumi rutin melakukan gathering. Biasanya mereka berkumpul bersama di jalan H Juanda Kota Sukabumi setiap minggu pukul 11:00 WIB. iZoc Sukabumi sendiri sudah sering menghadiri event-event pagelaran seni. Seperti pementasan kabaret beberpa waktu lalu. Disana mereka menunjukan eksistensi mereka. Mulai dari foto session, proses make-up hingga penggalangan anggota baru.”sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menggalang anggota karena komunitas Zombie ini sudah pasti punya penggemar khusus, namun terkadang mereka tidak tahu jika di sukabumi ini telah terdapat komunitasnya. Jadi, melalui iZoc Sukabumi ini kami ingin merangkul mereka”imbuh mereka.

Muhammad Rizki T.S 
1211405098


0 comments:

Post a Comment