-->
Powered by Blogger.

Lina Nugraheni


Dept news

Warga Keluhkan Pelayanan PDAM


            Air yang tak mengalir merupakan keluhan yang paling banyak disampaikan pelanggan pada PDAM Tirtawening Kota Bandung. Salah satu keluhan datang dari Fery, guru SLB Bina Mandiri di wilayah Ujungberung, Kecamatan Panyileukan, Bandung. Air di PDAM di sekolah tersebut tidak mengalir sejak bulan Ramadhan. Padahal anak-anak
            ‘’Anak-anak kadang tak bisa menahan buang air kecil. Jadi kami guru-guru dan siswa yang lebih besar pun mengambil air dari sumur warga,’’ ujar Ferry, Rabu (7/11). Keluhan yang hampir sama juga disampaikan Herry warga Margacinta. Di wilayahnya distribusi air tidak merata. ‘’Dalam satu kawasan ada yang ngocor ada juga yang tidak,’’ ujarnya.
            Keluhan yang hampir sama disampaikan Hery warga Margacinta. Di kawasannya distribusi air tidak merata. ‘’Dalam satu kawasan ada yang ngocor ada juga yang tidak,’’ ujarnya.
            Beda lagi dengan Tiah, pelanggan asal Astanaanyar. Tiah lebih mengeluhkan air yang keruh saat musim hujan. ‘’Kalau ait seh tiap hari ngocor, Cuma kalu hujan turun kok airnya keruh,’’ ujar Tiah.
            Masalah air yang tidak mengalir ini, diakui Ketua Forum Komunikasi Pelanggan PDAM, Tato Sutamto, banyak dikeluhkan warga. ‘’Banyak keluhan air tak mengalir, tapi rekening tetap berjalan. Ada pula soal keluhan pencatatan meteran yang asal main tembak dan tidak masuk ke dalam, sehingga di bulan tertentu tagihan membengkak,’’ ujar Tato di PDAM Tirtawening Kota Bandung, Jln Badaksing, Rabu (7/11).
            Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung, Pian Sopian mengaku bila air tak mengalir merupakan keluhan yang paling banyak disampaikan pelanggan. ‘’Tiap harinya ada 20 keluhan yang masuk dan hampir 80% mengenai air yang tak ngocor, baru setelah itu air yang keruh,’’ ujarnya.
            Sempat ada keluhan tinggi saat musim kemarau yang menyebabkan debit air PDAM turun. Sekitar 30.000 dari 153.000 pelanggan yang ada terganggu pelayanannya. ‘’Sekarang berangsur membaik tak sebanyak itu lagi,’’ terangnya.
            Air yang tak mengalir ini, lanjutnya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Untuk air tang tak mengalir dalam lokasi kecil, misalnya di rumah tetangga mengalir, hal itu bisa terjadi karena gangguan pipa.
            Bila air keruh, maka yang perlu dilakukan pelanggan yakni tidak menggunakannya dan menguras bak.’’Salah satu indikator air bersih itu, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna, Kalau keruh jangan dikonsumsi dulu, kuras dan laporkan ke PDAM,’’ ujarnya.


Lina Nugraheni
1211405078
Jurnalistik C
Penulisan Berita

0 comments:

Post a Comment