Lina Nugraheni
Dept news
Warga
Keluhkan Pelayanan PDAM
Air yang tak mengalir merupakan
keluhan yang paling banyak disampaikan pelanggan pada PDAM Tirtawening Kota
Bandung. Salah satu keluhan datang dari Fery, guru SLB Bina Mandiri di wilayah
Ujungberung, Kecamatan Panyileukan, Bandung. Air di PDAM di sekolah tersebut tidak
mengalir sejak bulan Ramadhan. Padahal anak-anak
‘’Anak-anak kadang tak bisa menahan
buang air kecil. Jadi kami guru-guru dan siswa yang lebih besar pun mengambil air
dari sumur warga,’’ ujar Ferry, Rabu (7/11). Keluhan yang hampir sama juga
disampaikan Herry warga Margacinta. Di wilayahnya distribusi air tidak merata.
‘’Dalam satu kawasan ada yang ngocor ada juga yang tidak,’’ ujarnya.
Keluhan yang hampir sama disampaikan
Hery warga Margacinta. Di kawasannya distribusi air tidak merata. ‘’Dalam satu kawasan
ada yang ngocor ada juga yang tidak,’’ ujarnya.
Beda lagi dengan Tiah, pelanggan
asal Astanaanyar. Tiah lebih mengeluhkan air yang keruh saat musim hujan.
‘’Kalau ait seh tiap hari ngocor, Cuma kalu hujan turun kok airnya keruh,’’
ujar Tiah.
Masalah air yang tidak mengalir ini,
diakui Ketua Forum Komunikasi Pelanggan PDAM, Tato Sutamto, banyak dikeluhkan
warga. ‘’Banyak keluhan air tak mengalir, tapi rekening tetap berjalan. Ada
pula soal keluhan pencatatan meteran yang asal main tembak dan tidak masuk ke
dalam, sehingga di bulan tertentu tagihan membengkak,’’ ujar Tato di PDAM
Tirtawening Kota Bandung, Jln Badaksing, Rabu (7/11).
Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung,
Pian Sopian mengaku bila air tak mengalir merupakan keluhan yang paling banyak disampaikan
pelanggan. ‘’Tiap harinya ada 20 keluhan yang masuk dan hampir 80% mengenai air
yang tak ngocor, baru setelah itu air yang keruh,’’ ujarnya.
Sempat ada keluhan tinggi saat musim
kemarau yang menyebabkan debit air PDAM turun. Sekitar 30.000 dari 153.000
pelanggan yang ada terganggu pelayanannya. ‘’Sekarang berangsur membaik tak
sebanyak itu lagi,’’ terangnya.
Air yang tak mengalir ini, lanjutnya
bisa disebabkan oleh beberapa hal. Untuk air tang tak mengalir dalam lokasi
kecil, misalnya di rumah tetangga mengalir, hal itu bisa terjadi karena
gangguan pipa.
Bila air keruh, maka yang perlu
dilakukan pelanggan yakni tidak menggunakannya dan menguras bak.’’Salah satu
indikator air bersih itu, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna, Kalau
keruh jangan dikonsumsi dulu, kuras dan laporkan ke PDAM,’’ ujarnya.
Lina
Nugraheni
1211405078
Jurnalistik
C
Penulisan
Berita
0 comments:
Post a Comment